Wednesday, May 20, 2015

Mengatasi Data Flashdisk yang Hilang karena Virus

Mengatasi Data Flashdisk yang Hilang karena Virus
Warta Cileunyi -- Flashdisk merupakan salah satu penyimpanan data sementara yang paling digandrungi saat ini. Flashdisk juga digunakan untuk transfer data dari satu perangkat komputer ke perangkat komputer lainnya.

Bagaimana jadinya jika dalam proses transfer data tersebut datanglah virus yang tidak diundang sehingga masuk ke dalam flashdisk kita. Salah virus yang sering masuk adalah virus shortcut (red).

Serangan virus ini ditandai dengan berubahnya data-data dalam flashdisk menjadi sekumpulan shortcut. Pernahkah mengalami kejadian macam ini? Jika ya, kami memiliki cara untuk mengatasinya. Sebenarnya cara ini sudah banyak yang membagikan di internet, tapi semoga artikel ini lebih mudah dicerna.

Berikut langkah-langkah mengatasi virus shortcut:

1. Klik Start > Pilih Run (atau tekan Windows + R) > Lalu ketik CMD atau Command Prompt kemudian tekan Enter.
2. Setelah muncul jendela CMD, ketik drive flashdisk Anda dengan tambahan tanda titik dua ":". Misalkan drive flashdisk Anda F, maka ketik F: lalu tekan Enter.
3. Sekarang Anda berada di dalam drive flashdisk yang tadi dipilih, ketik dir lalu tekan Enter.
4. Langkah berikutnya adalah ketik script seperti berikut ini:

attrib –s –h –r /s /d

5. Setelah diketik, tekan Enter.

Tunggu sebentar nanti akan muncul script drive flashdisk pada Command Prompt, misalnya E:>. Itu tandanya proses pengembalian data sudah beres.

6. Terakhir, buka My Computer lalu lihat isi flashdisk-nya sudah kembali atau belum? Biasanya tersimpan dalam folder tanpa nama. Wassalam.

Gambar: Jurnal Rozak
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages